Selasa, 19 April 2016

Tragedi Longsor di Yahukimo Papua


Kejadian bencana yg pernah luput dari perhatian alat sekian banyak kala dulu. Mengutip dari Tempo, Senin satu minggu dulu 4 April 2016 satu buah longsoran lumayan agung berlangsung di di Kampung Uldam & Kampung Ilion di Distrik Kosarek, Kab Yahukimo, Papua. Bencana longsor di Papua ini berlangsung lantaran curah hujan lebat yg konsisten mengguyur wilayah Papua sejak awal th 2016.

Info buruknya lagi, meski bencana longsor di Yahukimo Papua ini tidak hingga menyebakan korban jiwa. Tetapi bencana lonsgor di Papua ini diperkirakan dapat berdampak tidak baik bagi ketersediaan makanan. Apa sebabnya?

Nyatanya bencana longsor di Papua ini menghantam kebun-kebun pertanian milik masyarakat Yahukimo yg berada di lereng-lereng gunung. Imbasnya, ada seitar 153 Kepala Keluarga di Yahukimo yg terancam kelaparan pasca bencana longsor ini. Rinciannya, bencana longsor yg berjalan demikian serentak pasca guyuran hujan deras ini mengintimidasi kelaparan 88 keluarga di Kampung Uldam & 65 keluarga di Kampung Ilion. Beberapa Ratus kepala keluarga ini cuma mampu bersi teguh hidup bersama kepentingan makanan seadanya. Karena kebun hancur dihantam longsor, & keperluan makanan mesti dipasok amat jauh sekali dari Kota Dekai, Ibukota Yahukimo.

Dengan Cara geografis, Kab Yahukimo berada di atas pegunungan tengah Papua sektor sebelah barat. Tempat pegunungan tinggi mendominasi Yahukimo. tiada transportasi lain yg dapat ditembus tidak cuma lewat jurusan pesawat hawa. Lereng-lereng tinggi yg berpotensi longsor di Yahukimo berada di ketinggian yg bervariasi, mulai sejak dari 100 – 3.000 meter diatas permukaan laut. Bahkan kebenaran potensi longsor di Kab Yahukimo ini terlihat demikian gede, dikarenakan tingkat kemiringan diatas 40 % mencakup sektor paling besar merupakan 3.572.825 meter persegi dari keseluruhan luas Kab Yahukimo.

Sampai tulisan ini diturunkan, belum ada informasi lebih lanjut mengenai perkembangan bencana longsor di Yahukimo, Papua. Buat mengabarkan kasus longsor tanah di Yahukimo ini saja, penduduk mesti ke Ibukota Kab di Dekai dgn memakai pesawat mungil bersama antrean penumpang yg panjang & jadwal yg tidak terus tergantung keadaan cuaca. tiada jalan darat yg dapat ditempuh penduduk Yahukimo buat ke luar dari daerahnya di atas pegunungan tinggia Papua tidak hanya melalui pesawat.
sumber

Img: mongabay

2 komentar:

  1. Kami tim lokal penanganan bencana tiga kampung didistrik kosarek menuntut perjanjian pemerintah untuk mengganti perumahan warga yang tertimpa longsor dan juga harta benda rakyat yang ludes oleh bencana alam.

    karena sampai hari ini janji itu belum di tepati, tolong hubungi kami melalui tim penanggulangan bencana kontak person 082399380678

    BalasHapus
  2. Setelah terjadi bencana di tiga kampung yakni kampung Uldam,Ilion dan Nohomas,kami langsung membentuk Tim Lokal lalu berangkat ke jakarta untuk bertemu dengan dirjen penanggulangan bencana kementerian sosial dengan beranggotakan:
    1. 2 Orang anggota legislatif
    2. 1 Orang jkepala distrik kosarek
    3. 1 Orang perwakilan 3 kampung yakni kepala Kampung ilion
    4, 2 orang tim penanggulangan lokal

    dan telah bertemu dengan ibu Diren penanggulangan bencana di kemensos pada tahun 2016,dan pihak kementerian janjikan kami akan membangun perumahan rakyat dan juga mengganti hrta benda mereka tapi sampai hari ini tinggal janji. negara ini membohongi rakyat mereka sendiri dengan pembohonmgan secara terstrukur dan masiv,oleh sebab itu kami utusan masyarakat kembali menuntut janji negara ini, agar segera menangani persoalan rakyat ini karen mereka juga adalah bagian dari republik ini,jika tidak maka jangan salahkan kami jika rakyat mengambil langkah lain.

    silahkan hubungi kami melalui kontak person tim lokal penanggulangan bencan tiga kampung melalui nomor 082399380678

    BalasHapus